Bercerita :Saya senang bercerita kepada teman-teman dan guru saya mengenai materi tentang biologi yang saya samgat senangi karena saya sangat memahami materi tersebut.
Diskusi :Saya senang mengadakan diskusi pada teman karena dengan berdiskusi kita dapat bertukar pikiran mengeluarkan atau berbagi pengetahuan yang kita pahami atau ketahui.
Mendengarkan :Pada saat KBM saya selalu mendengarkan apa yang dosen sampaikan kepada saya,sehingga saya bisa cepat mengerti apa yang telah disampaikan dosen.
Membaca : saya senang sekali membaca buku yang berhubungan dengan biologi, karena dengan membaca buku saya dapat menambah wawasan saya terutama dalam bidang biologi.
Bercita : Setelah lulus nanti saya sangat ingin menjadi guru Biologi atau peneliti sesuai dengan bidang yang sedang saya pelajari saat ini.
Soal !
Jumlah soal = 50
45 soal bentuk PG (no.1-45)
5 soal bentuk uraian (no.46-50)
Soal no.1-25 bobotnya 1 = si A benar 20
Soal no.226-45 bobotnya 2 = si A benar 15
Setiap soal uraian bobotnya 3 = benar 3
Skor si A = (20 x 1) + (15 x 2) + (3 x 3) : (25 x 1) + (20 x 2) + (5 x 3) X 100
=59 :80 X 100
=73,75
Nilai si A = kompetentugas
Contoh portofolio untuk kelas X dengan materi tentang VIRUS
- Virus merupakan mikroorganisme prokariot. Asam intinya terdiri dari DNA dan RNA, dimana ukuran virus yang paling besar sama dengan ukuran bakteri paling kecil dan hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop electron.
- Tujuan untuk siswa adalah agar siswa dapat mendeskripsikan dan mengkomunikasikan Bakteri dan peranannya dalam kehidupan.
- Materi Bakteri dapat dibagi menjadi 4 yaitu :
a.Struktur bakteri dan cara hidup bakteri
b.Reproduksi Bakteri dan strategi reproduksi bakteri
c.Peranan bakteri dalam kehidupan manusia
d.Cara untuk mengantisipasi bakteri yang merugikan pada manusia
4. Tiap siswa terdiri dair 40 siswa dibagi 4 kelompok, masing-masing beranggotakan 10 siswa diundi secara acak dengan bahasan :
a.Kelompok I :StrukturBakteri dan cara hidup bakteri
b.Kelompok II :Reperoduksi bakteri dan strategi reproduksi bakteri
c.Kelompok III :Peranan bakteri dalam kehidupan manusia
d.Kelompok IV :Cara untuk mengantisipasi bakteri yang merugikan pada manusia
5. Dengan mengetahui pokok pembahasan dalam satu tema, mempermudah pembagian kerja dalam kelompok, tiap anggota kelompok harus menguasai dan selanjutnya akan mempertanggung jawabkan secara kelompok.
6. Waktu diskusi :Kelompok I : 2 juni 2008
Kelompok II :2 juni 2008
Kelompok III :9 juni 2008
Kelompok IV : 9 juni 2008
- Kelompok lain menjadi audiens
- Format penilaian
Kelompok :
Topik :
Hari/tanggal :
nama | Penguasaan materi | Cara menerangkan | Cara menjawab pertanyaan | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |
| | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | |
Keterangan : 1 = Rendah
2 = Sedang
3 = Cukup baik
4 = Baik
Diketahui
Guru mata pelajaran